Walikota Padang Di Undang Di KTT Yang Tergabung Dalam IORA

KOTA PADANG185 Dilihat

 Padang AT-Walikota Padang H. Mahyeldi Ansyarullah Dt Marajo diundang khusus pada acara puncak “IORA Leader’s Summit 2017” atau dikenal dengan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kepala Negara yang tergabung dalam Indian Ocean Rim Association (IORA) di Jakarta Convention Center, Selasa (7/3). Kehadiran Walikota Padang dalam acara tersebut penuh arti, karena posisinya sebagai Ketua Indian Ocean Local Government Forum (IOLGF), yaitu forum dari 70 pemerintah kabupaten/kota yang lokasinya berada di pinggir Lautan Hindia.

Walikota Padang saat dikonfirmasi menyebut bahwa Padang satu-satunya daerah yang diundang pada acara tersebut. Hal ini menurutnya akan semakin mengokohkan Padang sebagai kota IORA.

Diterangkannya, digelarnya KTT Kepala Negara IORA di Jakarta ini berawal dari hasil KTT Menlu IORA di Padang pada tahun lalu. Saat itu seluruh negara merekomendasikan pentingnya diadakan pertemuan lebih tinggi setingkat Kepala Negara Anggota IORA—seperti pada APEC (negara-negara berada di lautan Pasifik).

“Kita berharap forum ini semakin meningkatkan kerjasama negara-negara IORA,” sebutnya didampingi Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Didi Aryadi di Jakarta.

Mahyeldi juga berharap, forum yang dibuka langsung Presiden RI Joko Widodo akan memperkuat sinergi masing-masing peserta. Serta dapat memfollow-up peluang kerjasama.

“Ada enam poin kerjasama seperti pariwisata, kebencanaan, kelautan perikanan, pendidikan, perdagangan investasi, dan keamanan maritim. Kita harapkan dapat terakomodir dalam forum ini,” sebut Mahyeldi.

Selain itu, dengan hadirnya Walikota Padang pada pertemuan itu diharapkan akan membawa dampak positif. Utamanya untuk menarik investasi ke Kota Padang dan Provinsi Sumbar. Pada acara itu Walikota Padang duduk berdekatan dengan Mantan Menlu RI Marty Natalegawa dan Direktur Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional Kemenlu RI Ferry Adamhar. Walikota Padang juga sempat berpose dengan Direktur IORA Firdaus Dahlan.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Didi Aryadi menyebut bahwa pada saat yang sama di KTT itu juga dilakukan pertemuan khusus dengan perwakilan Australia Business Council. Pertemuan ini dalam rangka membahas rencana kedatangan Walikota Fremantle dan rombongan business ke Kota Padang pada April mendatang. Selain untuk tanda tangan “Sister City” antara Kota Padang dan Fremantle, juga ada pertemuan tentang peluang investasi di Kota Padang oleh pebisnis dari Fremantle.

“Semuanya akan dibungkus dalam kerangka memperkuat kerjasama IORA,” sebut Didi.

Seperti diketahui, KTT Kepala Negara IORA dibuka langsung Presiden RI Joko Widodo, dan dihadiri langsung oleh 15 Kepala Negara/Kepala Pemerintahan, dari 21 Negara Anggota IORA (negara-negara yang berlokasi di lautan Hindia). Konferensi IORA yang diikuti langsung oleh Kepala Negara ini merupakan yang pertama sejak IORA berdiri (1997). Sebelumnya pertemuan tertinggi adalah antara Menteri-menteri Luar Negeri Negara-negara anggota IORA, seperti yang diadakan tahun lalu di Padang, diikuti 14 Menlu dari Negara-negara anggota IORA.(Charlie AT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *