Turnamen Olahraga Squash untuk Amatir Sukses Digelar dengan 40 Peserta

HEADLINE, NASIONAL, OLAHRAGA1284 Dilihat

Andalas Time,Jakarta – Olahraga squash semakin digandrungi oleh berbagai kalangan di kawasan Jabodetabek. Antusiasme tinggi terhadap squash mendorong kolaborasi komunitas MainSquash dan Squashub mengadakan turnamen squash amatir di Racquet 25, Kemang, pada tanggal 2-3 Maret 2024.

40 peserta dari berbagai komunitas dan kalangan penghobi squash, yang terdiri dari 24 pria dan 16 wanita, turut meramaikan turnamen yang berhadiah total Rp 15 juta ini.

Raditya Immanzah, pendiri komunitas MainSquash sekaligus perwakilan panitia, menjelaskan latar belakang kegiatan ini. Meningkatnya minat masyarakat terhadap squash serta kemunculan berbagai komunitas squash di kawasan Jakarta selama dua tahun terakhir mendasari digelarnya turnamen.

“Olahraga squash semakin banyak peminatnya dalam dua tahun terakhir. Hampir setiap sore hingga malam hari, weekdays maupun weekend, lapangan squash di kawasan Jakarta selalu penuh. Alokasi 40 slot untuk peserta turnamen ini pun langsung penuh dalam beberapa hari.”

Raditya pun menambahkan,”Komunitas squash yang membuka sesi latihan dengan pelatih maupun fun games mudah ditemukan di sosial media seperti Instagram. Karena relatif mudah dimainkan seperti olahraga raket lain, misal bulutangkis dan tenis, kita melihat squash mulai digemari di Jakarta.”ucapnya.

Berbagai sponsor turut mendukung digelarnya turnamen squash amatir ini, antara lain Decathlon, RA Hospitality, LYV Wear, Masito Physio, Hope Clinic, Kohai Izakaya, Yava, hingga Indofood.
Suksesnya kegiatan ini turut diapresiasi oleh Persatuan Squash Indonesia (PB PSI) sebagai induk organisasi resmi olahraga squash di Indonesia. “Kami mengapresiasi kolaborasi antara komunitas MainSquash dan Squashub yang sukses menyelenggarakan turnamen squash untuk amatir dan penghobi olahraga ini,” ujar Ketua Umum PB PSI periode 2023-2027, Alvin Kennedy.

“PB PSI mendukung penuh inisiatif komunitas squash untuk memasyarakatkan olahraga ini. Semoga squash semakin populer dan menarik minat bibit-bibit atlit squash berbakat yang berasal dari komunitas.”ujarnya.

Turnamen ini akhirnya dimenangkan oleh Lordy Hurdano di kategori pria, dan Jeon Hyounglye di kategori wanita.

Squash adalah olahraga raket yang dimainkan secara indoor oleh dua atau empat orang dengan berbalas memukul bola kecil ke dinding. Survey dari majalah Forbes pernah menobatkan squash sebagai olahraga paling sehat di dunia berdasarkan komponen dasar kebugaran yang dilatih, ucap Alvin.

Di tahun 2028 mendatang, untuk pertama kalinya squash akan dipertandingkan sebagai cabang olahraga di Olimpiade Los Angeles, Amerika Serikat.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *