Serius Tingkatkan Mutu Kepala Sekolah

HEADLINE, KOTA PADANG139 Dilihat

Wako Padang Raih Penghargaan Kawastara Pawitra

PADANG, AP – Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo menerima penghargaan tingkat nasional, Kawastara Pawitra dari Menteri Pendidikan RI, Sabtu (15/10) di Solo. Penghargaan ini diberikan atas integritas dan keseriusan Walikota dalam pembinaan terhadap kepala sekolah, SD, SMP, SMA/SMK.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Mahyeldi dari Menteri Pendidikan Nasional Prof. Muhadjir Effendi. Kota Padang merupakan satu dari 113 kabupaten dan kota yang dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mengiplementasikan Permendiknas No 28 Tahun 2010.

Dalam Permendiknas No 28 Tahun 2010 itu, kepala sekolah dan madrasah ditunjuk melalui seleksi berupa ujian. Jika tidak lulus seleksi, maka seorang guru tidak bisa diberikan tugas tambahan menjadi kepala sekolah. Dengan begitu, seorang kepala sekolah memiliki kompetensi mengelola proses belajar mengajar dalam rangka melayani masyarakat di bidang pendidikan. Kota Padang dinilai sudah menerapkan ketentuan tersebut dan telah melakukan rekrutmen kepala sekolah dengan pola seleksi ujian.

Dijelaskan Mahyeldi, untuk bisa menjabat sebagai kepala sekolah, Pemko memberlakukan sistem tes. Jika lulus, maka yang bersangkutan bakal mengikuti diklat agar lebih matang menjalankan tugasnya. “Yang tidak lulus seleksi maka tidak akan diberikan tugas tambahan sebagai kepala sekolah,”ujar Mahyeldi. Saat ini, pihaknya melalui dinas pendidikan juga telah mengganti kepala sekolah yang sudah menjabat selama 8 tahun.

Dikatakan Mahyeldi, pelayanan di bidang pendidikan ditumpukan di sekokah. Oleh karena itu, sekolah harus dikelola secara profesional. Untuk mengelola sekolah secara profesional ini dibutuhkan kepala sekolah yang juga professional pula. Dan kepala sekolah profesional ini dihasilkan dari rekrutmen yang benar melalui uji kompetensi yang benar pula. “Kepala sekolah menjadi ujung tombak maju mundurnya prestasi di sekolah tersebut. Makanya,kita terus melakukan pembinaan terhadap mereka,”terang Mahyeldi.

Menurutnya, kepala Sekolah juga pimpinan tertinggi di sekolah. Pola kepemimpinannya akan sangat berpengaruh bahkan sangat menentukan pembinaan terhadap guru. Oleh karena itu dalam pendidikan modern kepemimpinan kepala sekolah merupakan jabatan strategis dalam mencapai tujuan pendidikan Kota Padang yang lebih baik. (tin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *