Pasar Aur Kuning Bukittinggi Di Lalap Si Jago Merah

PERISTIWA, SUMBAR183 Dilihat
Padang AT– Kebakaran yang melanda Pasar Aur Kuning Bukittinggi, Sumatera Barat, Jumat (17/11) menghanguskan sekitar 136 kios.
Seluruh kios yang terbakar berada di Blok J, baik lantai 1 dan 2. Hingga kini pihak kepolisian dan tim dari Pemerintah Kota Bukittinggi masih melakukan perhitungan atas kerugian yang dialami.
Kapolres Bukittinggi Ajun Komisaris Besar Arly Jembar Jumhana menjelaskan, tim Inafis Polda Sumatra Barat  akan turun ke lapangan untuk mengidentifikasi penyebab kebakaran. Tak hanya itu, tim Inafis dari Polda Sumatra Utara juga akan meluncur ke Bukittinggi, setelah sebelumnya melakukan olah TKP kejadian kebakaran di Mapolres Dharmasraya.
Namun ia menegaskan, kebakaran hanya melanda Blok J saja, atau satu blok dari 11 blok yang ada di Pasar Aur Kuning. Artinya, hanya sekitar 5 persen kios yang terbakar dari total 4.500-an kios dan lapak yang ada.
“Kami menunggu izin dari tim pemadam. Ini masih pendinginan. Begitu sudah dingin, kami akan masuk dan melakukan pendataan,” ujar Arly di Bukittinggi, Jumat (17/11).
Wakil Wali Kota Bukittinggi Irwandi menyebutkan, total kios di Pasar Aur Kuning berjumlah sekitar 1.400 unit. Bila ditambah dengan lapak dan pedagang kaki lima, maka jumlahnya 4.500-an kios dan lapak. Ia sendiri belum bisa mengungkapkan total kerugian yang dialami akibat kebakaran di Pasar Aur Kuning Bukittinggi.
“Namun dampaknya aktivitas perdagangan terganggu. Kami upayakan. Siang ini kami pertemuan dan ambil langkah kebijakan,” jelasnya.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *