Kwarcab Pesisir Selatan Bertekad Kembangkan dan Bumikan Gerakan Pramuka

PESISIR SELATAN25 Dilihat

Andalas Time,Pessel – Ketua Harian Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Alerman bertekad untuk mengembangkan dan membumingkan semangat gerakan pramuka di bumi sejuta pesona ini.

Ia menilai perilaku pemuda atau remaja sudah banyak menjurus pada kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat.

“Karena selama ini kita lihat, mereka tidak tahu bagaimana melakukan kegiatan positif, sehingga hanya banyak berkumpul-kumpul di jembatan-jembatan yang tidak ada manfaatnya,” katanya saat menghadiri kegiatan Khusus Mahir Dasar (KMD) yang diikuti oleh 80 pembina pramuka yang terdiri dari tingkatan MI, MTs dan MA se Kabupaten Pesisir Selatan yang berlangsung selama enam hari terhitung sejak 6 hingga 11 Juni 2023.

Oleh sebab itu, untuk mendorong generasi muda sebagai estapet kepemimpinan bangsa ini, Alerman akan membangkitkan semangat gerakan kepramukaan dengan melaksanakan kegiatan positif.

Kegiatan positif kepramukaan itu bisa dikembangkan di luar kegiatan jam pembelajaran.

“Kita mendorong kepada kawan-kawan yang saat ini menjadi pembina yang kita kukuhkan, dan kita latih untuk khusus mahir dasar, dapat mengajarkan kepada peserta didik secara komprehensif. Bisa saja, selama ini apa yang disampaikan ngaur, apa yang dapat itu yang disampaikan, maka sekarang kita sampaikan step-stepnya, aturannya,” kata Alerman.

Alerman menyampaikan dengan adanya 80 orang guru jajaran Kemenag Pesisir Selatan menerima ilmu kepramukaan mahir khusus dasar, maka saat mereka kembali ke gugusnya masing-masing sudah tahu upaya yang akan dilakukan.

“Harapan kita, melalui gerakan kepramukaan, akhlak dan perilaku generasi muda Pesisir Selatan berubah sebagaimana minang adanya. Untuk itu, ilmunya kita beri kepada pembina-pembinanya,” tutupnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *