KPUD Kota Padang Launching Pilkada Tahun 2018 dan Peluncuran Rumah Pintar Pemilu

KOTA PADANG109 Dilihat

Padang AT-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Padang mengadakan launching Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kota Padang tahun 2018 sekaligus peluncuran Rumah Pintar Pemilu (RPP) Kota Padang di halaman kantor KPUD Kota Padang, Jalan Syekh Umar Khalil, Gunung Sarik Kuranji, Jumat (29/9). Acara ini dihadiri langsung oleh perwakilan KPU RI Wahyu Setiawan, perwakilan Bawaslu RI, perwakilan KPU Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) beserta anggota, perwakilan Kejaksaan Tinggi Sumbar, perwakian Bawaslu Provinsi Sumbar, perwakilan KPUD Kota/Kabupaten se-Sumbar, Legiun Veteran Kota Padang, dan turut hadir juga para Ketua beserta Sekretaris Partai Politik se-Kota Padang.

Dalam Kesempatan ini, Ketua KPUD Kota Padang M Sawati mengatakan, launching ini adalah tahapan awal untuk menyukseskan tahapan proses panjang kegiatan Pilkada Kota Padang.

“Kami sebenarnya lemah kalau dibiarkan bekerja sendiri, namum kami kuat kalau masyarakat juga ikut berpartisipasi aktif dalam proses panjang pilkada ini,” ujar M Sawati.

Ditambahkanya, RPP Kota Padang adalah tempat berbagi informasi tentang tahapan Pilkada, Pileg maupun Pilpres, dan RPP ini terbuka untuk umum, dan silahkan datang untuk saling berbagi informasi serta belajar bersama.

Dalam hal yang sama juga Wakil Walikota Padang Emzalmi mengatakan, bahwa menyukseskan Pilkada adalah tanggungjawab kita bersama demi hadirnya pilkada yang jujur, adil dan bermartabat. Mudah-mudahan pilkada tahun depan lebih sukses dari pada pilkada lima tahun yang lalu.

“Untuk Partai peserta pilkada dan timses tidak hanya mekampanyekan pasangan mereka saja, tapi mereka juga harus ikut mensosialisasikan tahapan pilkada kepada masyarakat,” ujar Emzalmi.

“Dan untuk masyarakat mari kita kawal proses pilkada ini agar berjalan dengan jujur, adil dan bermatabat,” pungkasnya.

Sementara itu, perwakilkan KPU RI Wahyu Setiawan merasa kaget melihat antraksi tari kaca yang disuguhkan oleh panitia acara.

“Saya kaget lihat antraksi injak kaca, di Jawa tidak ada pertunjukan seperti ini kata Wahyu. Pantas orang Minang di takutkan oleh orang Belanda,”ujarnya

Wahyu melanjutkan bahwa selain di kota Padang, ada 171 daerah lain yang mengadakan pemilihan kepala daerah secara serentak yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 nanti.

“Dan kami sangat berharap sejarah pemilihan yang aman dan damai di Sumbar bisa terus bertahan kedepanya,” ujar Wahyu.

Kemudian Wahyu mengucapkan terimakasih kepada KPUD Kota Padang yang telah menghadirkan Rumah Pintar Pemilu di Kota Padang.

“RPP di Padang ini adalah yang ke 325 di Indonesia, dan ini memang program dari KPU RI untuk meningkatkan pelayan terhadap masyarakat agar bisa meningkatakan partisipasi politik di Kota Padang,” kata Wahyu.

“Untuk masyarakat Kota Padang jangan segan-segan dalam melancarkan kritik, protes dan saran kepada KPU, karena biaya pesta demokrasi yang dilaksanakan oleh KPU modalnya berasal dari uang rakyat,” ujarnya mengakhiri.(inchan/p)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *