Komisioner KPU Pusat Resmi Luncurkan Pilkada Serentak di Sumbar 2024

Andalas Time,Padang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) secara resmi meluncurkan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar 2024.

Peluncuran Pilkada Sumbar 2024 tersebut langsung di buka oleh Komisioner KPU RI Betty Epsilon Idroos di Convention Center PGRI malam Sabtu,(18/5/2024).

Dalam sambutannya, Betty Epsilon Idroos mengatakan, pasca pemilu dirinya mengapresiasi KPU dan seluruh masyarakat Sumbar, karena dalam penyelenggaraan telah aman sukses dan lancar.

“Kita akan teruskan pelaksanaan melalui pilkada yang akan berjalan beberapa bulan lagi, tepatnya pada 27 November 2024,” ungkapnya.

Betty Epsilon Idroos mengatakan, ada beberapa poin yang harus diingat agar pilkada berjalan lancar, yaitu perlu komitmen dan profesionalitas dalam setiap tahapan. Siapapun pemimpin yang terpilih itulah suara rakyat yang harus di jaga, sehingga berjalan tetap para relnya.

Kemudian, mempedomani setiap aturan khusus peraturan KPU. Harus tetap award terhadap isu lokal, dan juga harus transparansi agar semua pihak menerima hasilnya. KPU membutuhkan dukungan semua stakeholder sehingga sinergitas dan koordinasi sangat diperlukan.

“Dengan tagline pilkada bermartabat berarti untuk negeri, berakhir dengan indah dan badunsanak,” kata dia.

Sementara itu, Ketua KPU Sumbar Surya Efitrimen mengatakan, bahwa tahapan Pilkada sudah dimulai sejak 26 Januari 2024, dengan berbagai tahapan sudah dilakukan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten dan Kota. Berdasarkan tahapan itu, salah satu yang dilakukan KPU Provinsi yaitu melaksanakan peluncuran pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar 2024.

“Antusiasme yang hadir menambah semangat kami untuk melaksanakan pemilihan. Semangat kami bertambah karena kedatangan KPU RI Betty. Berdasarkan bimbingan beliau pemilu kemarin berjalan aman, lancar dan sukses,” ujarnya.

Surya Efitrimen juga mengatakan,” pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder pemilu di Sumbar yang telah membersamai dalam pelaksanaan pemilu 2024 lalu, walaupun evaluasi dan pelaksana tahapan akan dibenahi di Pilkada,”pungkasnya.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *