Ketum PDIP Megawati Dapat Gelar Doktor Honoris Causa Dari UNP Padang

Padang AT-Presiden ke-5 RI sekaligus Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mendapatkan gelar doktor kehormatan atau honoris causa dari Universitas Pendidikan Padang (UNP). Ia mendapat gelar doktor di bidang politik dan pendidikan.

Megawati dianggap berjasa dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia, terutama setelah ia meneken UU Nomor 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

“Alasan Universitas Negeri Padang memberikan gelar doktor honoris causa kepada Megawati Soekarnoputri pada masa pemerintahan RI ke-5, Megawati Soekarnoputri, lahir satu karya yang fenomenal, yang membawa perubahan yang signifikan dan strategis terhadap sistem dan praktik pendidikan di Indonesia. Kita kenal dengan UU 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” ujar Syufyarman Marsidin selaku ketua tim promotor dalam sambutannya di Universitas Negeri Padang, Padang, Sumbar, Rabu (27/9/2017).

Sementara itu, Megawati dipersilakan maju ke mimbar untuk memberikan sambutan. Ia mengaku berdebar meskipun sudah lima kali mendapat gelar serupa.

“Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih dan penghormatan yang tinggi kepada senat atas keputusan memberikan gelar honoris causa kepada saya. Saya deg-degan juga meskipun ini gelar ke-5 yang saya dapatkan. Tapi, karena ini pendidikan itulah yang membuat saya berdebar, seperti saya seorang mahasiswa,” ujar Megawati dalam sambutannya.Sebelumnya, Megawati menerima gelar honoris causa pada 2001 dalam bidang hukum di Jepang, pada 2003 dalam bidang politik di Moskow. Pada 2015 Megawati menerima gelar yang sama dalam bidang politik di Korea Selatan dan pada 2016 bidang politik dan ilmu pemerintahan oleh Universitas Padjadjaran. Acara di UNP ini turut dihadiri menteri kabinet yang berasal dari PDIP, seperti Seskab Pramono Anung, Menkumham Yasonna Laoly, dan Mendagri Tjahjo Kumolo.
(dkp/elz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *