Harga Cabai Merah Melejit, Pj Wako Padang Instruksikan Langkah Konkret Atasi Inflasi

Andalas Time,Padang— Harga cabai merah di pasaran melejit dan menjadi komoditas penyumbang tertinggi inflasi. Merespon hal itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar menginstruksikan seluruh pihak terkait untuk menyiapkan langkah konkret dalam mengatasi inflasi.

Dalam rapat pengendalian inflasi di Gedung Putih Rumah Dinas, Senin, (10/6/2024), Andree mengungkapkan cabai merah merupakan komoditas yang dominan mempengaruhi laju inflasi terutama menjelang Iduladha.

“Harus siapkan langkah konkret, sebab kebutuhan dan permintaan cabai di Kota Padang selalu tinggi. Persiapkan lagi agar stok aman dan harga terjangkau,” tuturnya.

Salah satu langkah itu sebutnya adalah menghubungkan antara petani dengan konsumen. Misal, pelaku UMKM dengan kebutuhan cabai merah yang tinggi bisa langsung beli ke petani dengan syarat tersistematis dengan baik.

“Persiapkan penyelenggaraan pasar murah, pastikan ketersediaan pasokan di pasar melalui monitoring dan evaluasi ketersediaan pasokan. Kemudian MoU dengan daerah penghasil. Terakhir, mengajak masyarakat menanamkomoditas penyumbang inflasi, terutama cabai,” tukasnya.

Sementara itu, angka inflasi Kota Padang pada Mei 2024 secara m-to-m tercatat 0,7 persen. Sedangkan secara y-to-yo berada pada angka 3,64 persen.

Hadir dalam rapat itu seluruh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Padang dan seluruh stakeholder terkait.(DA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *