Hardiknas 2024,Bupati Rusma Yul Anwar Komit Sukseskan Merdeka Belajar

PESISIR SELATAN24 Dilihat

Andalas Time,Pessel – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024 di Gor Ilyas Yakub, Kamis (2/5).

Upacara Hardiknas dipimpin oleh Bupati Pesisir Selatan,Rusma Yul Anwar Upacara diikuti oleh Unsur Forkopimda, Sekda Mawardi Roska, Pimpinan Bank Nagari Painan, Kepala Perangkat Daerah, para kepala sekolah, pengawas, guru, dan perwakilan siswa SMA dan SMP. Turut hadir pula para tenaga pendidik,

Bupati Rusma Yul Anwar membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Ia menyampaikan gerakan Merdeka Belajar yang telah berjalan lima tahun tentu dihadapkan dengan berbagai tantangan.

“Lima tahun terakhir ini adalah waktu yang sangat mengesankan dalam perjalanan Kemendikbudristek. Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran,” kata Rusma Yul Anwar

Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia dibangun melalui gerakan Merdeka Belajar. Merdeka Belajar sendiri memberikan kebebasan baik bagi siswa maupun pendidik. Melalui Merdeka Belajar, Pendidikan sendiri tidak terbatas formal saja, namun juga informal.

“Pada prinsipnya bahwa pendidikan itu tidak terbatas dari pendidikan formal saja, yang non formal saya kira juga sangat-sangat membantu dari sisi perkembangan Daerah khususnya melahirkan generasi-generasi muda yang bertanggungjawab”, tambahnya

“Dengan penuh ketulusan, saya ucapkan terima kasih banyak atas perjuangan yang Ibu dan Bapak lakukan. Selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar,” tutup Bupati Rusma Yul Anwar mengakhiri pidato Mendikbudristek.

Senada dengan hal tersebut, Bupati Rusma Yul Anwar menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan juga senantiasa bersemangat dalam meningkatkan angka partisipasi wajib belajar dimana salah satu indikator penting didalamnya adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2023 yang mencapai 72,24, meningkat 1,42 dibandingkan tahun sebelumnya (70,82).

Selama 2021–2023, IPM Kabupaten Pesisir Selatan rata-rata meningkat per tahun. Selain itu dalam rangka peningkatan layanan pendidikan bagi masyarakat kurang mampu, pemerintah tentu berkewajiban melaksanakan hal tersebut melalui pembangunan ruang kelas belajar saranan prasarana pendidikan yang sudah ditingkatkan.

“Pada tahun 2023 kita berhasil memperoleh Kenaikan Indeks pencapaian SPM dari 52,3 tahun 2022 menjadi 68,3 pada tahun 2023,”kata Bupati

“Harapan lama sekolah mengalami peningkatan dari tahun 2022 sebesar 13,35 menjadi 13,36 pada 2023,”lanjutnya

Menurutnya terjadi peningkatan sebesar 0,01 point, dan nilai ini di atas nilai Nasional sebesar sebesar 13,15.

Kemudian, rata-rata lama sekolah juga mengalami peningkatan dari tahun 2022 sebesar 8,43 menjadi 8,58 pada 2023 atau meningkat sebesar 0,15 point.

“Pemkab juga terus berkomitmen menyukseskan merdeka belajar sebagaimana program dari pemerintah pusat tentunya dengan semangat baru. ini tentu butuh dukungan dari seluruh masyarakat,”tutupnya.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *