Gubernur Mahyeldi Berharap Fasilitas Olahraga Tenis Meja Bisa Semakin Menjamur di Nagari, Agar Tingkat Kenakalan Remaja Terkendali

HEADLINE, SUMBAR81 Dilihat

Andalas Time,Payakumbuh — Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah membuka kejuaraan tenis meja tingkat provinsi di Gedung Olahraga Nan Ompek Payakumbuh, Kamis (13/7/2023).

Sebanyak 224 atlet yang berasal dari seluruh kabupaten/kota di Sumatera Barat (Sumbar) unjuk kemampuan dalam kejuaraan yang digelar selama 4 hari tersebut, mulai dari tanggal 13-16 juli 2023.

Dalam sambutannya, Gubernur Mahyeldi menyebut, selain untuk kesehatan jasmani olahraga permainan seperti tenis meja juga efektif untuk menekan angka kenakalan remaja. Ia berharap ini bisa tersedia di setiap lingkungan perumahan terutama pada tingkat nagari.

“Tenis meja itu, olahraga permainan yang merakyat, tidak berbiaya besar. Kita berharap, fasilitas ini ada disetiap nagari atau kampung, agar para remaja bisa mengisi waktunya dengan ini, selain menyehatkan juga dapat menekan angka kenakalan,” ujar Gubernur Mahyedi

Selain itu, menurutnya jenis olahraga permainan ini juga rendah tingkat resiko cederanya, sehingga aman untuk dilakoni seluruh kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang tua.

“Jadi tidak keliru, jika ini dihadirkan di fasilitas-fasilitas umum tingkat desa/nagari. Manfaatnya bisa dirasakan seluruh lapisan,” himbau Gubernur Mahyeldi.

Selain itu, Gubernur Mahyeldi juga memuji gagasan dari Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Syafar, yang telah menginisiasi kegiatan semacam ini. Menurutnya, kejuaraan seperti ini bisa dimanfaatkan para atlet untuk ajang uji coba menjelang PON tahun 2024 mendatang.

“Kejuaraan ini bisa dimanfaatkan para atlet untuk latihan menjelang Kejurnas di agustus 2023 mendatang dan PON 2024 di aceh. Terima kasih Ustad Irsyad Syafar atas inisiasinya menyelenggarakan kegiatan ini,” kata Mahyeldi.

Akhir sambutannya, Gubernur Mahyeldi berharap Kejurprov Tenis Meja Sumbar Tahun 2023 ini dapat dilaksanakan dengan baik penuh sportifitas guna meningkatkan harkat dan martabat dunia olahraga Sumbar.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Syafar, menjelaskan rincian peserta dati kejuaraan tenis meja ini. Total pesertanya sebanyak 224 orang, yang terdiri dari 35 peserta tingkat SMA/SMK se Payakumbuh dan Kab Limapuluh Kota, 54 Guru se Payakumbuh, 61 peserta Junior se Sumbar, 60 peserta Ganda Lansia putra dan 14 peserta Ganda Lansia putri.

“Saat ini banyak kejuaraan yang digelar melalui Dispora, tujuannya jelas yakni berharap generasi muda terlibat aktif sebagai atlet dan menjauhkan mereka dari hal-hal yang negatif. Dengan aktif berolah raga dan berprestasi, mereka akan menjadi generasi unggul masa depan bangsa ini,” ungkapnya.

Kejuaraan Tenis Meja Terbuka ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, yang ditandai dengan pemukulan bola pertama dan disambut langsung oleh Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Syafar.

Hadir juga dalam acara tersebut Pj. Walikota Payakumbuh Rida Ananda, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar Maifrizon, Ketua dan Pengurus KONI Payakumbuh, PTMSI Sumbar, wasit dan peserta. (adpsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *