free stats

Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang Lakukan Kunjungan Kerja ke Dinas Kesehatan Kota Padang Terkait Pandemi Corona Virus

 Andalas-time.com– Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang melakukan kunker atau kunjungan kerja ke Dinas Kesehatan Kota Padang di Aie Pacah pada Kamis, (26/03/2020).

Dalam kunjungan itu juga membahas mengenai percepatan penanganan yang dilakukan oleh pemerintah daerah, DPRD dan lembaga terkait. Hadir dalam kunker itu adalah Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang, Azwar Siry berserta anggota Komisi IV lainnya yaitu Wismar Panjaitan dari fraksi PDIP, Zalmadi dari fraksi Partai Berkarya, Zulhardi Latif dari fraksi Golkar, Mukhlis dari fraksi PAN Sekda Kota Padang, dan juga dari Dinas Kesehatan, Ferimulyani.

Dalam rapat kerja tersebut, Sekda Kota Padang, Amasrul mengatakan Pemko Padang sudah mendirikan posko dan sudah menyemprotkan zat desinfektan ke rumah-rumah, kantor, sekolah serta beberapa masjid yang ada di Kota Padang. Ada sekitar 256 penjaga yang sudah bersiaga untuk memberikan pelayanan dan memantau aktivitas yang ada di posko selama pandemi global ini.

Dikatakan Amasrul,bahwa kalaupun situasi sudah gawat dan mengharuskan Kota Padang untuk di lockdown, maka salah satu tempat isolasinya adalah di Rusunawa.
“Memang berdampak kepada ekonomi masyarakat saat ini, karena kalaupun di lockdown tentu masyarakat ekonomi bawah susah makan, berakibat juga kepada pedagang harian,” ungkapnya.

Mengenai alokasi APBD, Azwar Siry, Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang saat diwawancarai oleh wartawan ini mengatakan bahwa sesuai dengan tugas pokok dari DPRD itu sendiri yaitu mengenai anggaran, bahwa ia menghimbau pemerintah daerah untuk mengkaji ulang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) guna untuk nantinya DPRD Kota Padang bisa memback-up upaya percepatan penanganan kasus pandemi Corona Virus atau Covid-19 yang telah menular.

“Kami dari DPRD tentu menghimbau pemerintah daerah untuk mengkaji ulang mengenai APBD serta jika itu terealisasi kami siap untuk memback-up serta juga kami sangat puas juga paparan dari Dinas Kesehatan atas teknis pelaksanaannya, sehingga kami juga ikut serta dalam mensosialisasikannya kepada masyarakat,” paparnya.

Ditambahkannya, dibutuhkan sinergitas antara pemerintah daerah dan DPRD guna untuk mengurangi kesalahpahaman di antara masyarakat. Sehingga bisa dilakukan percepatan penangan pandemi global yang telah mewabah ini.

Dalam rapat kerja itu juga, pihak dari Dinas Kesehatan Kota Padang, Ferimulyani mengukapkan kerja Dinas Kesehatan dalam menangani wabah pandemi Corona ini. Ia mengatakan sampai pagi ini ada PPT 1026, ODP 97, PDP 5 dan masih 0 terkonfirmasi paien yang positif.
“Kami juga meminta pihak dari Komisi IV dukungan moril dan kepedulian kepada kami supaya bisa bekerja dengan maksimal,” pintanya.
Pada sesi akhir dari Rapat kerja tersebut, Azwar Siry juga menyampaikan memang masih banyak masalah yang dihadapi seperti masalah ketersediannya alat kesehatan.

Sementara itu, dari fraksi PDIP, Wismar Panjaitan mengatakan masalah pasien yang berstatus ODP ataupun PDP memang menghantui kita dan Dinas Kesehatan sebegitu mencurahkan tenaganya demi mengatasi pandemi Corona Virus atau Covid-19 ini.
“Ya, kami akan berusaha menambah anggaran untuk Dinas Kesehatan, mendukung dan membantu pihak Dinas Kesehatan khususnya tenaga-tenaga kesehatannya dan bersama pemerintah daerah akan siap melakukan itu semua,” ucapnya.

Disamping itu, Zalmadi dari fraksi Berkarya juga mengatakan bahwa Covid-19 ini sudah merusak tatanan dan juga dari berbagai sektor di kehidupan masyarakat terkhususnya sektor perekonomian. Maka dari itu pihak DPRD Kota Padang akan mencarikan solusi terkhusus kepada kekurangan alat medis yang ada dari Dinas Kesehatan. (ADV)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *