free stats

Walikota Payakumbuh Tutup Secara Resmi MILAD RJ

Andalas-Time.com- Selama 4 hari 2 malam syukuran milad 30 tahun Yayasan Pendidikan Islam Raudhatul Jannah (YPI RJ) digelar. Berbagai rangkaian kegiatan telah dilaksanakan dengan sukses dan semarak yang melibatkan seluruh masyarakat kota Payakumbuh.

Walikota Payakumbuh, Riza Falepi secara resmi menutup kegiatan tersebut (24/02) di medan nan bapaneh, ngalau indah, Payakumbuh.

“Bila berbicara prestasi, Raudhatul Jannah (RJ) adalah iconnya dan itu adalah fakta. telah banyak RJ memberikan prestasi yang luar biasa untuk mengharumkan kota Payakumbuh” ujarnya, saat memberi kata sambutan.
“Tantangan pendidikan kita begitu kompleks, saya berharap RJ terus berproses dan membiasakan tumbuh di dalam iklim yang berinovasi agar terus berkembang. Saya dahulu sering berdiskusi dengan pak Thamrin Manan (Pendiri YPI RJ) beliau orang yang luar biasa, visioner, idenya begitu luas dan beliau adalah orang yang mendahului zamannnya, telah bertindak sebelum orang bertindak”.

YPI RJ merupakan yayasan pendidikan Islam pertama di kota Payakumbuh, dan menjadi salah satu yayasan pelopor dalam membangkitkan semangat pendidikan Islam di provinsi Sumatera Barat.
“Tahun ini, genap 6 lustrum perjuangan dan perjalanannya, semoga menjadi sukses dan tetap menjadi penerang jalan untuk ummat, sekali lagi saya sampaikan Dirgahayu untuk YPI RJ, ujar Riza diujung kata sambutannya.

Selain itu, Riza mengalungkan piagam kepada 6 siswa YPI RJ yang pada hari minggu kemarin (23/02), berhasil membawa pulang 2 emas dan 1 perunggu dalam pagelaran Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia (OSEBI) tingkat Nasional yang digelar di sekolah Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan.

Juara 1 Cipta Cerpen tingkat SLTP atas nama Arimbi Dwi Setyo, Juara 1 Cipta Puisi tingkat SD M. Felix Fulvian dan juara 3 tari kreasi (Marsha, Naila, Alya, Afifah dan Yasmin).

Penutupan dan pengalungan piagam ini turut dihadiri juga oleh, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga.

Syukuran 30 tahun YPI RJ dimulai sejak hari kamis (20/02) dengan kegiatan seminar Nasional yang mengundang 4 rektor universitas ternama di Sumbar. Universitas Negri Padang (UNP), IAIN Batusangkar, IAIN Bukittinggi dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) mengusung tema “Strategi Membangun SDM Yang Berintegritas Dalam Pembangunan Nasional”.

Sabtu (22/02) dilaksanakan jalan santai yang dimulai dari Ramayana hingga Ngalau Indah, Payakumbuh yang melibatkan seluruh civitas akademika dan wali murid YPI RJ. Siangnya, dilaksanakan lomba seni kerawitan antar sekolah SMP di luak lima puluh. Malam hari diadakan tabligh akbar oleh ulama, sejawaran dan praktisi pendidikan Ustadz Zulhamdi. Beliau juga ketua komisi fatwa Sumbar dan ketu MUI Padang Panjang.

Dihari minggu, diadakan lomba mewarnai tingkat TK dan lomba solo song religi mulai pagi hingga siang. Lalu malamnya, festival kebudayaan randai yang diikuti oleh sanggar-sanggar budaya terbaik di limapuluh.

Dihari terakhir (24/04), YPI RJ mengadakan upacara bendera bersama mulai dari unit TK hingga SMA dan ini adalah pertama kalinya sejak berdirinya YPI RJ.
Selain kegiatan tersebut, YPI RJ mengadakan expo pendidikan dan kebudayaan yang terbuka untuk seluruh masyarakat kota Payakumbuh. mulai sabtu hingga senin atau selama 3 hari 2 malam.
“Alhamdulillah, rangkaian kegiatan kita berjalan dengan lancar. Banyak hal positif untuk masyarakat payakumbuh terkait acara ini. Expo misalnya beredar dengan cepat uang jutaan rupiah disini, transaksi jual beli. Fakta ini membuktikan bahwa YPI RJ bukan hanya bergerak dibidang pendidikan juga diseluruh sektor yang dapat membantu ummat, seperti ekonomi, sosial terang Ersis Warman selaku ketua panitia.

Sementara itu ketua Pengurus YPI RJ mengatakan, pertama saya ucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh panitia yang telah berhasil merencanakan, menjalankan kegiatan ini dengan baik. Tak terlupa juga kepada stakeholder yang turut membantu kepada Disparpora, Kepolisian, masyarakat Payakumbuh dan kepada semuanya yang tak mampu disebut satu persatu.
“Semoga ini bukan hanya acara ceremonial melainkan menjadi refleksi kita apa yang telah diperbuat dan apa yang akan diperbuat. Semoga RJ semakin jaya dan semoga kalimat Allah terus menggema ke pelosok negri.

Ucapan selamat juga hadir dari tokoh maupun lembaga di Sumatera Barat, seperti ketua DPRD Provinsi Sumbar, Walikota Payakumbuh, Dewan Da’wah Sumbar. (Gie)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *