free stats

Mantan Ketua PWI Sumbar Basril Basyar Ingatkan Jajaran Polda Terkait Delik Pers ,Serta Pedomani UU Pers

Andalas-Time.com– Ketua PWI Sumbar yang di wakili oleh Basri Basyar memberikan kata sambutan sepatah kata di acara silaturahmi dan kemitraan Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) dengan media cetak dan elektronik dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di ruang Hoegoeng Mapolda Sumbar, Kamis (20/2/2020),

Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumbar Basril Basyar dalam sambutan mewanti-wanti Kapolda Sumbar beserta jajaran supaya menyikapi delik pers dengan berpedoman pada UU No.40 tahun 1999 tentang Pers.

“Sekiranya bapak kapolda beserta jajaran menghadapi persoalan terkait pemberitaan mass media atau menerima aduan seputarĀ  delik pers, kami di sini mewakili segenap insan pers di Sumatera Barat mengingatkan supaya penanganan delik pers berpedoman pada UU Pers,” ujar wartawan senior yang akrab disapa “BB” tersebut.

Lebih lanjut mantan Ketua PWI Sumbar dua periode tersebut mengungkapkan bahwa selama ini kita sama-sama maklum jika kalangan pers dan jajaran kepolisian di daerah kerap main kucing-kucingan, apalagi jika sudah bersinggungan satu sama lain.

Pada satu sisi, teman-teman pers dalam menjalankan fungsi selaku pemberita dituntut menulis sesuai fakta, berdasarkan apa yang dilihat, didengar dan dirasakan. Berpijak pada netralitas dan independensi selaku kontrol sosial.

“Jadi, kalaupun ada pihak-pihak yang merasa terpojok oleh produk pers, ada delik pers, jangan serta merta melarikan persoalan ke ranah hukum pidana karena pada UU Pers telah diatur sedemikian rupa segala hal terkait pekerjaan atau produk pers,” itu sudah ada aturannya tekannya lagi, disambut anggukan Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH, serta segenap jajaran Polda Sumbar yang hadir di acara silaturahmi bersama puluhan jurnalis dan pimpinan media cetak, elektronik serta media online tersebut.(d/i)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *