free stats

Masyarakat Kota Padang Berebut di Acara Tradisi Serak Gula oleh India Muslim

Andalas-Time,Com- Acara Tradisi Serak Gula merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat keturunan India muslim yang secara historis telah menjadi bagian dari sejarah panjang Kota Padang. masyarakat kota padang berbondong-bondong datang menuju tempat acara dimesjid Muhammadan, kelurahan Pasa Gadang kecamatan padang selatan, sabtu (25/1/20). Dimana terlihat masyarakat yang datang mulai dari anak-anak, remaja bapak-bapak dan ibu-ibuk semuanya membaur jadi satu. Sebanyak 8 ton lebih gula pasir yang dibungkus kecil-kecil dengan kain perca berwarna warni itu akan dibagikan pada masyarakat kota padang.

Saat memberikan kata sambutan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan ,”bahwa kegiatan tradisi Serak Gula ini merupakan daya tarik tersendiri bagi pariwisata Kota Padang. Yang telah diagendakannya event tersebut dalam kalender tahunan pariwisata Kota Padang sejak 2018 lalu,” Terang Wako.

Acara tahunan Serak Gula ini merupakan hal yang unik yang ada didunia dan satu-satunya diadakan dikota padang, Maka itu atas nama Pemerintah Kota Padang, saya sangat senang dan menyambut baik acara ini. Dimana ditahun 2020, perdana ivent serak gula ini diselenggarakan. Saya berharap kedepannya semoga tradisi serak gula yang dibuat oleh warga India muslim ini, akan selalu ada terus setiap tahunnya” ungkap Mahyeldi.

Sedangkan Ketua Himpunan Keluarga Muhammadan (HKM) Padang, Ali Khan Abu Bakar mengatakan, tradisi Serak Gula oleh warga India muslim ini yang sekarang hanya tinggal satu – satunya saja lagi dikota padang di seluruh dunia. Dulu kegiatan serupa juga pernah dilaksanakan di India dan Singapura. Jelasnya. “Tradisi Serak Gulo merupakan perwujudan rasa syukur atas rezeki yang didapat selama setahun ini. Tradisi juga digelar untuk memperingati kelahiran ulama Islam asal India, Shahul Hamid. Yang merupakan seorang pejuang untuk menegakkan Islam di India. Pada 1 Jumadil Akhir yang diperingati sebagai tanggal gelaran Serak Gula . Terangnya

Proses pelaksanaan acara tersebut dimulai dari 15 orang naik diatas tenda/ atap mesjid , lalu melemparkan gula yang telah dibungkus kain faco-faco kepada masyarakat kota padang yang berada didepan, dan sekitaran tenda tersebut.

Turut hadir pada acara serak gula ini. Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Wakil Ketua DPRD Padang Arnedi Yarmen, unsur Forkopimda Sumbar dan Padang, pimpinan OPD Sumbar dan Padang serta unsur penting lainnya. (Fit)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *