free stats

Walikota Padang : Warga Minang Dengan Papua Sudah Kelauarga Sendiri

Andalas-Time.com– Papua memiliki kekhususan, Pemerintah memastikan tetap mengelontorkan dana otonomi khusus (Otsus) pada tahun 2020 untuk Papua. Dana yang diberikan oleh pemerintah Republik Indonesia untuk pembangunan di Papua. Ini menunjukan bahwa pemerintah Republik Indonesia memberikan perhatian serius untuk Papua. Masyarakat Sumatera Barat tidak pernah menanyakan hal itu.
Masyarakat Sumatera Barat rela bagai mana Papua jauh lebih maju, dan keinginan seperti itu pula yang ada pada semangat Pemerintah Republik Indonesia.

masyarakat Papua tidak merasa asing ketika berada di Indonesia. Kata Walikota Padang H.Mahyeldi Ansharullah ketika menjamu mahasiswa Papua malam siraturahim Minang — Papua di Palanta rumah dinas A.Yani, Sabtu 5 Oktober 2019.
Dihadapan mahasiswa Papua Mahyeldi mengatakan, masyarakat Minang masyarakat yang paling mudah berinteraksi dengan masyarakat lain. Kemudian masyarakat minang ketika berada pada suatu tempat maka masyarakat Minang menyatu dengan masyarakat yang ada disana.

Walikota H.Mahyeldi Ansharullah beberapa hari yang lalu mengunjungi masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan pulang dari Wamena, bahwasanya masyarakat pesisir Selatan ada yang sudah berkeluarga dengan warga Wamena. Ada faktanya hubungan warga Minang di Papua sudah demikian dekat “, Ujar Mahyeldi.
Ketika mahasiswa Papua berada di Kota Padang, masyarakat Padang tidak pernah menanyakan penduduk asli dan tidak asli dan tidak pula pernah ada ungkapan penduduk asli dan tidak asli, semuanya adalah warga kota Padang “, sebut Mahyeldi.
Tugas pemerintah Kota Padang memberikan perlindungan kepada seluruh warganya tidak memandang warna kulit, agama, dan bahasanya dari mana hasal usulnya karena inilah Pemerintahan Indonesia dan semangat seperti inipulah ada di Pemerintah Kota Padang “, Kata Mahyeldi.
Jangan sampai gagal mahasiswa asal Papua  ketika kuliah di Kota Padang harus sukses dan tamat dengan nilai terbaik dalam waktu yang lebih pendek selesai S1 lanjut ke S2. Papar Mahyeldi.

Universitas Negeri Padang (UNP),  Universitas Andalas (UNAND) Politani Payahkumbuh memberikan yang terbaik untuk mahasiswa Papua. jajaran Pemerintah Kota Padang Forkompinda, masyarakat, alimulama adalah menjadi orang tua mahasiswa Papua yang ada di Padang. Demikian juga untuk masyarakat yang lainnya dan mahasiswa yang lainnya. Jangankan dari papua dari Patani kuliah di Universitas Islam Negeri (UIN) diberikan bantuan dan dukungan “, sebut Mahyeldi.
Pemerintah kota Padang menyediakan anggaran bagi masyarakat yang mengalami permasalahan terkait masalah pendidkan, atau kegiatan lainnya. mahasiswa Papua menuntut ilmu di Kota Padang tidak usah kwatir. seperti yang diniatkan selesai kuliah membawa ilmu dalam rangka membangun tanah Papua. Masyarakat Minang ada dihati mahasiswa Papua.
Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi gagasan mahasiswa Papua untuk  menyampaikan beberapa agenda kegiatan mahasiswa Papua untuk melaksanakan pertemuan antar mahasiswa Papua se Sumatera yang akan diselenggarakan di Padang pada bulan Desember 2019.
Walikota Padang H.Mahyeldi Ansharullah menaymbut baik dan memberikan dukungan secara maksimal bahkan mempasilitasi kegitan mahasiswa Papua itu dalam rangka mendiskusikan kelebihan pendidikan dimasing Provinsi di Sumatera. Hasil dari pertemuan ini dibawa untuk diterapkan di Papua nantinya.
Papua adalah bahagian dari pada NKRI. Papua saudara dari ranah Minang. Ketika terjadi kerusuhan di Papua masyarakat kota Padang merasakan, dan inilah yang dianjurkan oleh adat istiadat, agama  di Indonesia bahwasanya ibarat suatu tubuh yang sakit maka semua merasakan maka itulah Indonesia. (th/in)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *