free stats

Kadis Pariwisata Sumbar: Tuntut Peranan Aktif Masyarakat Dalam Meningkatkan Perkembangan Wisata Alam dan Budaya

Andalas-Time.com– Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan Pariwisata Sumbar terus mengembangkan kawasan wisata alam dan budaya yang ada di daerah itu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Sebuah daya tarik wisata yang berada di tengah masyarakat setempat menjadi sangat penting. Sebab, dukungan yang diberikan oleh masyarakat dapat meningkatkan berbagai aspek, baik sosial, budaya, maupun ekonomi masyarakat.

Kadis Pariwisata Sumbar Oni Yulfian mengatakan, masyarakat Sumatera Barat, harus melek wisata artinya segala sesuatu dikaitkan dengan pengembangan kepariwsataan sebagai upaya memberikan keuntungan dan kesejahteraan dari sektor pariwisata.

“Masyarakat khususnya disekitar obyek harus sadar wisata, tingkatkan hospitality (keramahan) dan memiliku ilmu mitigasi bencana,”

Menurutnya, gerakan sadar wisata penting dilakukan, karena kawasan wisata Sumatera Barat yang kaya kuliner dan pemandangan alam yang indah.

“Sehingga tidak mungkin, kami bergerak sendirian untuk menata dan menjaga kawasan wisata ini. Partisipasi dari seluruh pihak sangat diperlukan, karena kalau lokasinya bersih, maka kunjungan juga ramai dan pedagang juga untung,” ujarnya.

Kadis Pariwisata Sumbar  mengungkapkan, peran serta masyarakat setempat terhadap sebuah daya tarik wisata menjadi salah satu aspek dominan.

“Apakah masyarakat ikut mendukung kemajuan daya tarik wisata tersebut atau justru malah terjadi konflik dengan masyarakat setempat akibat keberadaan daya tarik wisata,” jelasnya.Sumbar telah ditetapkan pemerintah pusat sebagai daerah tujuan wisata utama nasional di wilayah Barat Pulau Sumatera. Daerah ini memiliki banyak objek wisata andalan didukungan keberagaman seni budaya dan makanan khas daerah.

Lebih Lanjut Kadis Pariwisata Menguraikan, objek wisata andalan daerah ini antara lain, kota wisata Bukittinggi, Kota Budaya Batusangkar, wisata Bahari Kepulauan Mentawai, wisata sejarah Padang “Kota Tua”, wisata Sawahlunto kota sejarah tambang batubara.

Kemudian, wisata Pantai Padang, Pariaman dan Painan Pesisir Selatan, wisata religius Makam Syech Burhanuddin, wisata alam seperti, Danau Maninjau, Singkarak, Di Atas dan Danau Di Bawah, Lembah Harau dan Lembah Anai.

Sumbar juga memiliki dua taman nasional, yakni Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan Taman Nasional Siberut (TNS) Pulau Siberut, Mentawai. Sumbar juga dikenal sebagai daerah wisata kuliner dengan makanan paling terkenal Rendang dan kerupuk Balado.(***)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *